Profesi

Kesehatan Masyarakat Pemerintahan – Militer Manajer
Konstruksi Sosial Politik Rohaniawan
Pendidikan Hukum Pertambangan
Wirausaha Pertanian – Peternakan

Kesehatan Masyarakat

Teman Angkatan 81 yang menyandang predikat Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi atau yang berhubungan dengan Peralatan dan Tenaga Medis, Apotik –Pharmacy, Laboratorium dll yang pada prinsipnya bekerja untuk Kesehatan Masyarakat, bergabunglah sebagai Group Profesi Kesehatan Masyarakat  Alumni SMAK St.Louis Angkatan ’81.

 

Kita tahu dewasa ini persoalan kesehatan adalah persoalan yang mengemuka didalam pembicaraan masyarakat, khususnya masyarakat yang mencapai umur separuh abad seperti komunitas kita. Kita terkadang amat sangat bingung untuk mengambil keputusan ketika berhadapan dengan masalah ini. Tempat
kepada siapa kita bertanya pun bukan hal gampang. Kita takut akan info yang salah dan bahkan menyesatkan.

Apabila menyangkut kesehatan instan, kesehatan yang kita anggap bisa kita beli sebagai tindakan preventif, maka berbagai tawaran makanan atau obat supplement setiap hari menggedor indera pencerapan kita. Mulai info dari Media , info dari rekan rekan di Multy Level Marketing atau bahkan dari sanak keluarga terdekat. Tetap semua info cara sehat itu masih misteri. Sangat tergantung pada seberapa meyakinkan person yang menyampaikan.  

Lain pula dikala ada kerabat yang sakit, yang membutuhkan tenaga medis demi pertolongan yang bersifat kuratif, bukan level itu kondisinya, simak hal hal seperti ini . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Hukum

Sobat sobat angkatan 81 yang hidupnya dibaktikan untuk Penegakan Hukum, Bantuan Hukum atau Pencatatan peristiwa Hukum maka bergabunglah di kolom ini. Teman teman kita ingin mengenal anda lebih dekat. Mereka ingi hidupnya lebih berkualitas dengan lebih melek hukum.

Sangat sulit bahkan terlihat tidak mungkin untuk keluar dari konotasi kedekatan kita dengan penegak hukum tidak diartikan sebagai kolusi.  Kedekatan dengan Hakim, Jaksa atau polisi karena didasarkan pertemanan SMA, dan berbicara tentang kasus hukum yang kita alami, pastilah 100% akan dianggap Nepotisme.

Demikian pula dengan pertemanan dengan Pengacara atau Notaris. Pengacara tentunya ada dipihak kita apabila kita meminta bantuannya. Bagaimana posisi notaris teman kita? Tidak berada diposisi tengah?

Kita coba akan menganalisisnya lebih berhati hati. Kita akan lebih focus terutama untuk teman kita yang terdaftar di kolom ini. Kita tentunya tidak mau menempatkan mereka semua pada posisi dilemmatis.  Teman akrab yang nyata nyata salah koq minta dibela…….teman kita yang mau posisi enaknya saja apa harus kita turuti? Tidak, ….tidak sama sekali.  bukan itu tujuan forum ini . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Pendidikan

Anda seorang Tenaga Pendidik, atau seorang Pemerhati  Pendidikan  atau seorang Pemilik Sekolah, atau pihak yang bergerak di Industri Pendidikan, dan anda alumni angkatan 81 Smak St.Louis, nah ini adalah kolom anda untuk berkumpul.

Bidang Pendidikan adalah kolom yang paling berhubungan dengan anggota keluarga khususnya anak. Telah kita saksikan rata rata diantara teman kita saat ini, memiliki anak dengan level pendidikan tingkat SMA dan Kuliah. Bahkan ada yang sudah Sarjana dan ada yang cucunya masuk SD.

Akan tetapi jangan dikecilkan sobat kita yang putra putrinya masih di tingkat SMP, SD, bahkan Playgroup!. Itulah kekayaan, keunikan dan  potensi  dari ikatan alumni kita. Mereka memiliki range of requirement  yang sangat luas dibidang informasi pendidikan. Dari pre-school sampai tingkat masuk S3.

Mengapa teman teman sebaiknya mendengar dari pihak yang berkecimpung setiap hari dengan pendidikan? Karena kita perlu meng update konsep tentang tujuan pendidikan secara kontinyu . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Manajer

Daftarkan segera diri anda di kolom ini apabila anda adalah orang yang mengerakkan roda perusahaan tempat anda berkarir dan  berkiprah. Anda adalah orang dibutuhkan perusahaan untuk memberi panduan, motivasi dan  peran nyata nya . Karena teman teman anda di forum komunikasi alumni angkatan 81 Smak St.Louis sangat membutuhkan pencerahan, pedoman dan pandangan pandangan tentang perkembangan bisnis yang mutakhir.

Manajer adalah pihak pelaku dari sebuah Manajemen. Seorang Manajer handal adalah orang yang benar benar mengerti tentang seni mengatur dan melaksanakan. Theory tentang manajemen telah berangkat dari jaman yang masih sangat purba dikala pyramid mulai dibangun, berkembang  saat dimulainya Revolusi Industri tahun abad ke 19 dan melewati masa jaya pada tahun 1980 an. Kemudian jaman kita baru lulus SMA kita dikejutkan oleh mantan pimpinan perusahaan mobil Ford, Lee Iacocca yang buka resep tentang kesuksesannya mencapai efektifitas dengan  memanusiakan pekerjaanya dibanding menganggap mereka sebagai suku cadang, seperti teori teori manajemen sebelumya yang lebih mengeksplor ultimasi gerak tubuh manusia . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Architect & Contractor

Forum ini adalah Wahana berinteraksi bagi teman teman yang menyandang predikat sebagai Insinyur  Arsitek, Insinyur Sipil, Interior Designer, Insinyur Pertamanan, Insinyur Pencahayaan, Toko bangunan, Distributor Alat alat bangunan, listrik, mekanikal, Elektrikal  dll  yang keseharian anda berhubungan dengan Pembangunan Fisik Gedung atau Infra struktur  Jalan Jembatan, Real Estate dll.

Kita dapat saling mengingatkan atau pergi bersama sama mengunjungi pameran pameran atau expo Bahan Bangunan – Interior , expo Real Estate baik local, nasional atau internasional. Sesama pihak yang bergerak dalam bidang bangunan perlu saling mengisi untuk meng update pengetahuan kita. Tuntutan Perkembangan dalam Bidang Arsitektur saat ini sangat cepat seiring dengan perkembangan Industri Propherty. Karena sifatnya sebagai komoditi, maka tak pelak property harus mengikuti mode. Harus sesuai dengan trend jaman.

Tidak seperti theory kita waktu di bangku kuliah, demand dari client adalah panglima, tetapi sekarang client datang untuk tanya kepada kita trend apa yang sedang top di masyarakat. Nah tentunya kerjasama yang lebih kompleks dan erat dengan pihak penghitung struktur, penunjang pertamanan, tata lampu, Interior, mekanikal dan supplier tak terelakkan kalau tetap ingin eksis dan kompetitif . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Pemerintah – Militer

Apabila anda seseorang yang berkarir dikantor pemerintah atau berkarir di kemiliteran. Atau anda seseorang yang karena mempunyai keahlian khusus maka negara berkepentingan untuk merekrut kelebihan anda sebagai asset negara, maka kami ingin anda bergabung di forum ini untuk berbagi.

Kita melihat bahwa sebagian kalangan swasta dalam operasinya perlu secara kontinyu berinteraksi dengan Kantor Pemerintah. Tetapi mayoritas mereka akan merasa canggung untuk berhadapan atau berurusan dengan pihak yang berlabel Instansi plat merah itu. Banyak pendapat yang bisa dikemukakan tentang darimana sebenarnya datang perasaan enggan atau segan itu. Perantara atau calo amenjadi jawaban standar dalam sirkumstansi tersebut. Padahal beberapa instansi seperti Pajak misalnya, sangat gencar mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa kantornya sangat welcome. Staff staff nya akan sangat terbuka dan melayani apabila kita ada sangkaan  ketidak sinkronan dalam laporan pajak kita. Tetap terkadang perasaan menjaga jarak itu tetap ada. Juga berlaku untuk instansi lain.

Kebanyakan dari kita sebenarnya minim pengetahuan tentang konsep tata cara internal  pengelolaan pemerintahan. Bagaimana pengorganisasian antar bidang, pengelolaan keuangan,tentang pengawasan, jenjang karir dll. Dalam tataran konsep, kalangan swasta dapat menimba pengetahuannya . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Sosial Politik

Kita mengharap bisa lebih dekat dengan teman yang berkarir dibidang Politik untuk lebih memperluas pengetahuan kita tentang karir yang sangat bergengsi di negeri negeri yang telah berumur panjang di Demokrasi. Kita yakin bahwa suatu hari kata Senator akan popular juga di negara kita. Kita mengharap teman yang aktif di Partai, atau menjadi anggota legislatif atau sebagai pemgamat Perpolitikan, mau menyumbangkan pemikirannya di kolom ini.

Kata Politik belum spontan berkonotasi positif apabila di gunakan dalam kalimat apapun di lingkungan kita. Padahal Universitas Negara mempunyai  jurusan khusus untuk hal ini. “Banyak Upaya” sebagai terjemahan mudah untuk kata Politik, belum langsung dapat menghusap trauma trauma bencana besar setelah kemerdekaan,  atas nama kata ini. Perlu pendekatan yang extra lembut untuk menghantar ranah Sosial Politik sebagai bagian pengetahuan keseharian kita . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Rohaniawan

Kalau cara pandang dan cara berpikir  tempo dulu kita sebut Kolot,  maka apabila ada anggota keluarga yang bercita cita menjadi Rohaniawan dan anggota keluarganya terkejut, maka cara pandang keluarga tersebut, jaman ini kita sebut Kolot.  Sebab pada jaman kita masih dibangku sekolah, konotasi sempit  keberadaan Rohaniawan adalah berasal dari kalangan orang yang gagal dengan  cinta, orang yang tidak bisa mempunyai keturunan, atau orang yang dari kecil memang terlihat suka terlibat dengan kegiatan sembahyang.

Tetapi tidak dengan masa kini. Rohaniawan adalah profesi elit. Bukan karena sekolah formalnya yang telah ada dari masa lalu, tetapi peranan yang dimainkannya di masyarakat menjadikan seorang Rohaniawan fenomenal. Dalam situasi negara yang sulit, Bukan hanya Tokoh Politik, militer atau mahasiswa yang mengeluarkan petisi. Kalangan Rohaniawan yang tergabung dari berbagai Agama pun langsung membuat Istana Pemerintahan bisa bergetar dengan aksi keprihatinan nya.

Belum lagi Rohaniawan yang sering muncul di TV atau media lain, bukan asing untuk kita mengklasifikasikan tokoh ini sejajar dengan selebritis. Kemunculan dan kiprahnya menjadi sasaran tulisan tabloid gossip . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Sosial

Siapa siapa teman kita yang sebenarnya kita tuju dengan kolom Sosial ini. Tak lain adalah mereka yang banyak menerapkan unsur kata mengabdi atau membaktikan diri. Mereka yang  mendedikasikan diri pada hal yang bersifat menolong sesama manusia.  Kolom ini bermaksud memberi penghargaan kepada mereka. Bermaksud pula untuk memetik pelajaran indahnya berbagi kepada sesama. Mengajarkan bahwa ada tujuan dan makna hidup selain mencari survive secara ekonomi,  Mapan dengan Portofolio dan Bahagia dalam ukuran Ideal propagandis. Sesuatu yang sama sekali tidak populer sebagai cita cita. Bukan sekelas Bunda Theresia, tetapi mereka ada.

Stanley Ann Dunham, Ibu dari Presiden Obama mengupayakan Mesin Jahit untuk dibagi bagikan kepada Ibu ibu di pedesaan saat melakukan riset di negeri kita. Bapak Madsahi selama 30 tahun menjaga pulau burung dan mendapat hadiah kalpataru atas pengabdiannya menjaga kelestarian dan keamanan Pulau nya dari tangan jahil, Ibu Robin Lim dari Bali adalah salah satu nominasi 10 CNN Heroes atas jasa kebidanan gratis untuk orang yang tidak mampu, Artis Caroline Gunawan menjadi nominasi MNC Lifesyle Awards karena membuka sekolah gratis untuk anak jalanan disekitar Senen-Jakarta, atau  Pihak pihak yang bertugas memberikan penyuluhan budaya untuk suku suku terasing, dll. Adalah contoh orang orang yang cukup idealis dalam pengabdian di bidang sosial . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Pertanian – Peternakan

Teman teman yang telah tamat dari Fakultas Pertanian, Peternakan, atau yang berusaha di bidang Agro Bisnis atau Budi Daya Hewan Ternak,  Pupuk atau tergabung dalam Lembaga lembaga Riset  untuk Perkembangan Teknologi bidang Industri bidang ini, kita berharap anda perluas wawasan teman teman alumni akan prospek kompetitif bidang unggulan ini.

Beberapa waktu yang lalu kita mengalami krisis Kedelai. Para Pengrajin Tradisional yang membuat Tahu dan Tempe menjerit akan langka nya bahan baku. Langka berarti mahal, apalagi belakangan kita tahu bahwa ternyata Kedelai kita adalah hasil impor. Petani Kentang harus menjadwalkan waktu rombongannya datang dari daerah daerah untuk ber unjuk rasa  ke depan  Istana Negara untuk  menentang impor Kentang . Kalau Kedelai dan Kentang sampai di impor di Negara Agraris ini, sepertinya ada yang tidak beres dengan Manajemen Pertaniannya.

Coba telaah lebih lanjut, Beras impor, Gula impor, Garam Impor, Apel impor, dll.  Jebakan yang terjadi di masa lalu di Benua Afrika, terjadi juga dinegeri kita. Pada awalnya kita terpancing dari Harga Dumping untuk impor karena harga bisa lebih murah dari pada bercocok tanam. Petani berhenti untuk produksi karena rugi. Giliran stok telah kosong, dan untuk menanam kembali membutuhkan waktu, maka dalam masa kekosongan itulah harga komoditi pertanian dari negeri luar itu menunjukkan wajah aslinya, tidak murah . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Industri

Kolom ini mewadahi komunikasi teman teman yang bergerak di sektor manufaktur, yang memiliki perangkat produksi, yang melibatkan dan memperkerjakan tenaga terampil , yang secara sederhana kita sebut  mempunyai pabrik untuk pembuatan, pengolahan atau perakitan produk benda benda ekonomi, baik dari skala industri Rumah Tangga sampai skala raksasa.

Dalam bahasan Ekonomi Makro, Industri adalah  Sektor Riil. Sektor yang secara mendasar memenuhi kebutuhan yang ada di bagian terbawah Piramida Maslow.  Bukan sektor pemenuhan Jati diri atau Gaya Hidup yang abstrak wujudnya, melainkan produk yang kasat Panca Indera kita. Produk Fisik. Sektor inilah yang akhir akhir ini kembali di unggulkan, Sektor yang kembali ke Fitrah Ekonomi Dasar.  Sektor yang harusnya menjadi Pilar Ekonomi suatu Negara. Khususnya  belajar dari Krisis Ekonomi Dunia yang justru datang dan bermula dari negara negara maju. Negara Barat asal muasal Teori Ekonomi Makro.

Negara negara barat telah lama meninggalkan era gelombang kedua nya Alvin Toffler yaitu Revolusi Industri. Negara negara Eropah Barat dan Amerika Serikat dll  telah lama dimanja dengan kekuatan ekonominya dan  menyandarkan Benua lain untuk mensupply kebutuhan sehari harinya. Mulai Garmen, Sepatu, Furniture, Peralatan Rumah Tangga, bahkan Elektronik. Mereka bahkan banyak mendirikan pabrik pabrik perakitan sampai ke Asia, demi tenaga kerja yang lebih murah. Lalu apa kegiatan utama mereka yang berada di dunia maju? . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

Perdagangan – Jasa

Bergabunglah teman teman yang berlaku sebagai Distributor, Dealer, Importir, pemilik Fasilitas Perbelanjaan, Pemilik Toko, bergerak di bidang penjualan dan jasa di bidang IT, Informasi, Mass Media, atau di Sektor Jasa Konstruksi, Biro perjalanan, dan jasa jasa lain. Mari kita bangun forum komunikasi yang konstruktif di bidang ini.

Perdagangan dan Jasa juga di kategorikan Sektor Riil. Sektor yang menggerakkan Ekonomi….Peranan yang di idamkan oleh Negara,  adalah bagaimana sektor ini berjaya di negerinya sendiri pada tahap awal, dan bisa berjaya pula secara Internasional pada tahap selanjutnya. Suatu Bangsa dengan Penduduk yang Padat dan Daratan yang luas serta kaya Sumber Alam,  selayaknya Ekonominya bertumpu pada sektor Perkebunan dan Industri.  Sektor yang menyerap  Mineral  dan menyerap banyak Tenaga Kerja. Bukan mengandalkan Perdagangan dan Jasa sebagai Pilar Garis Depan.

Kebalikannya, Negara seperti Singapura adalah contoh ideal negara yang sukses dengan bertumpu pada sektor Perdagangan dan Jasa. Kalau kita dengan penduduk yang setidaknya 50 kali lebih masif dan daratan 250 kali lebih luas, maka selayaknyalah  Kapal Kapal Kontainer Terbesar di dunia berlabuh di Pelabuhan Pelabuhan kita . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

 

 

Perbankan – Finansial

Teman teman alumni Smak St.Louis yang Memiliki, atau Bekerja, atau sebagai Analis dan Pengamat Sektor Perbankan dan Finansial termasuk Berkiprah dalam bisnis yang berhubungan dengan Saham saham, Prospektus, sekuritas, mari terangi pikiran dengan sektor yang mempunyai kapitalisai terbesar di dunia ini.

Kwik Kian Gie menjelaskan di TV di saat terjadi  krisis Perbankan di tahun 90 an, bahwa Bank adalah “Jantung” Ekonomi. Ia menyerap darah atau dalam hal ini uang yang ada dimasyarakat sebagai tabungan dan memompanya kembali kemasyarakat sebagai Kredit atau Pinjaman. Apabila Bank tidak melakoni kodrat nya ini, maka akan terjadi distorsi ekonomi. Krisis ’98 kita salah satunya karena Bank menyalurkan kreditnya ke group sendiri untuk berspekulasi di Properti.

Salah satu faktor yang telah menekan kita untuk menyempitkan kemungkinan itu terjadi lagi pada Perbankan kita,  adalah IMF dengan LOI nya. Kasus Bank Century 2008 yang merupakan efek dari krisis global, ternyata dapat diredam untuk tidak menjadi menyebar dan berdampak sistemik  . . .

 Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

 

 

Kuliner

Para Insan Alumni yang bergerak Bisnis Makanan, yang sehari harinya ber kecimpung dengan wilayah Konsumsi, mereka mereka yang memiliki  Rumah Makan, Pemilik atau pembeli Waralaba Makanan, Pemasok Bahan Ingredients, Catering, dll, mari melepaskan diri dari kejenuhan dengan bercengkerama di wahana ini

Perkembangan cara hidup di kota kota besar Indonesia ternyata menjauhkan insannya dari ruang Dapur. Desakan pemenuhan ekonomi dan kesetaraan jender dimana wanita berpendidikan tinggi dan berkarir, menyebabkan peranan Istri sebagai belahan jiwa Suami dan sebagai Ibu yang telapak kakinya merupakan penentu  Surga bagi Anak Anaknya,  yang senantiasa menyiapkan makan bagi Keluarga dirumah, tidak diartikan lagi sebagai  seorang yang berkemampuan seperti Koki  yang setiap hari pergi ke dapur dan masak!

Peranan Pembantu sebagai Tukang Masak di rumahpun mulai terdegradasi secara drastis. Supply nya mulai langka, dimulai tidak adanya dukungan Pendidikan Formal sampai yang ter ekspor ke manca negara dengan label TKW.

Pengadaan makanan sehat  sehari hari di dalam rumah adalah masalah pelik! . . .

Klik di sini untuk pertanyaan & melihat lebih lengkap

 

 

Pertambangan

Apabila teman teman di komunitas ini bergerak disektor Eksplorasi  Komoditi barang tambang seperti  Batu Bara, Timah, Migas, Biji Besi, dll  di seluruh Indonesia, maka anda termasuk orang patut dipuji keberanian nya menggerakkan sektor riil dengan minim dukungan. Kami mewadahi potensi anda melaui forum ini untuk saling bertukar pikiran.

Sektor tambang di negara kita adalah sektor yang kurang di dukung Perbankan. Terlalu beresiko dari sudut pandang kelayakan usaha. Perbankan saat ini memilih untuk meninggalkan sepertiga kapasitas kreditnya stagnan dari pada mendukung sektor ini. Pertambangn memiliki banyak kendala mulai dari perijinan yang sangat birokratis, minimnya  dukungan infrastruktur paska penambangan, belum majunya perangkat lunak maupun teknologi peralatan penambangan, belum tervalidasi nya nilai riil hasil tambang ditambah belum ada pengembangan produk dan  regulasi yang tegas tentang nilai tambah komoditi ini terhadap  kebutuhan ekspor.

Australia adalah tempat belajar yang baik untuk sektor ini. Negara tetangga kita itu  merupakan negara terbesar ke tiga didunia di sektor pertambangan. Negara berada pada posisi yang mendukung untuk menghilangkan hambatan seperti yang ada pada kita. Perijinan adalah riil terutama menyangkut penanggulangan dampak kerusakan lingkungan  . . .