Operasionalisasi

 

Rapat gabungan seluruh bidang  -  9 Mei 2011

Rapat inisiasi pembentukan panitia reuni - 9 Mei 2011

Rapat inisiasi pembentukan panitia reuni - 8 Mei 2011

Rapat panitia reuni - 8 Mei 2011

 

Reuni telah berhasil melacak dan mempertaut kan lebih dari 300 anggota kita. Sementara lebih dari 100 nama yang belum dapat ditelusuri jejak domisili nya.

Adalah tugas kita semua untuk terpanggil “mencari” dimana para kerabat kita tersebut. Dengan keseriusan dan dibantu teknologi perangkat mesin pencari di dunia maya, maka tak mustahil suatu saat angka anggota kita yang telah masuk dalam data base FORKOM ST LOUIS- 81  akan mencapai diatas 400 orang.

 

Kita menginginkan  FORKOM ST LOUIS -81 mempunyai naluri  yang sensitif dalam memanfaatkan setiap momen yang berkesempatan untuk menemukan dimana teman teman kita tersebut.

 

PENDATAAN

Marilah teman teman yang telah tergabung dalam komunitas ini memberikan informasi selengkapnya pada pusat database kita. Data tersebut merupakan jantung dari eksistensi organisasi kita. Semakin lengkap data tersebut, maka akan semakin rapat benang benang yang membentuk tali dan jaring kekerabatan kita. Akan semakin Nampak potensi interaksi yang dapat diharapkan dalam mengisi hari hari kedepan kita.

Penghargaan yang akan kita kesankan , khususnya kepada teman yang baru memasuki ranah ruang kita, adalah konkrit, karena  betapa mereka di sambut dengan silsilah keluarga yang komplit dan komprehensif.

Data dimaksud  meliputi data tentang Identitas semasa SMA, sekarang, Pendidikan, data Domisili, data Keluarga, data  Okupansi, Hobby, Minat khusus, Keahlian khusus, Ke- organisasian, Kerohanian , , dll. Dalam batasan semaksimal mungkin untuk tidak menggambarkan sisi strata ekonomi.

 

 

KOORDINASI  SE BIDANG

Manakala data telah terkumpul dan ditabulasikan, maka akan nampak adanya kecenderungan kesamaan seperti : latar belakang pendidikan, profesi,  kedaerahan keluarga, tempat anak bersekolah, tempat atau jenis  olahraga, penyaluran hobby, bacaan favorit, aktor idola, Tempat Ibadah dll.  

FORKOM -ST LOUIS 81 dapat menjadi pemicu untuk terjadinya pertemanan yang positif melalui kesamaan – keselarasan antar anggota. Alangkah berbedanya pengalaman mental kita dikala berdiskusi  saat  senggang bersama sesama teman SMA kita yang se proffesi, atau  berolahraga tennis, rekreasi memancing, atau saling membantu karena putra putri kita bersekolah di tempat yang sama, diluar kota!.

Bahkan dikala situasi darurat, emergency, diluar kota, di luar negeri, setidaknya kita punya tambahan informasi, atau  ada pihak yang setidaknya kita akan berani untuk sekedar meminta pertolongan pertamanya.

 

INTERAKSI ANTAR BIDANG

Seorang dokter teman kita yang telah menabung sepanjang 20 tahun karirnya, akan meminta pendapat professional dan tulus dari temannya yang arsitek tentang desain rumah idamannya. Sebaliknya kawan yang sepanjang hidupnya memacu adrenalin dalam sirkuit bisnis, pada saatnya membutuhkan nasehat tepat dari kawan yang ahli di bidang kesehatan organ dalam tubuh.

 

Teman yang berkutat dengan permasalahan pajak, Teman yang sedang berperkara hukum, atau bahkan nasehat – nasehat bisnis. Bukan dalam ranah bantuan percuma/ gratis, melainkan keberpihakan. Advis  yang berpihak yang tidak menyesatkan kita. Advis dan petunjuk  yang  amat di butuhkan pada saat dimana lingkungan  kita  bukan lagi tempat yang ramah bagi yang lalai dan kurang pengetahuan akan suatu hal.

 

Dan tidak berhenti pada segi profesi, Teman yang buta soal hobby Adenium, akan sah sah saja berkunjung ke unit kegiatan yang digalang oleh para pecinta  tanaman di FORKOM ST LOUIS-81 kita. Atau teman yang beranggapan ada cabang  olahraga yang dianggap  eksklusif untuk kalangan tertentu  , dapat bergabung  dan bahkan dapat  memperkenalkan ke putra putri  nya yang mungkin kelak justru akan menjadi  jawara. Kita punya kesempatan untuk memperkenalkan anggota keluarga kita ke bidang bidang yang sebelumnya jauh dari keseharian kita, dengan mulus dan tulus dari rekan rekan sesama alumni 81.

 

BERBAGI

Idea berbagi timbul dari logika berat sama dipikul ringan sama di jinjing. Bagi teman yang selama ini berjalan dalam kesendirian, sibuk, lingkungan kerja dan pergaulan  yang statis, rutin, tertutup, tiba tiba harus dituntut mengahadapi suatu hal yang baru, berat, rumit dll, maka di saat itu keberadaan lebih dari 400 orang teman lama kita, dapat diajak berbagi untuk setidaknya mencerahkan, meringankan, mengurai  yang kusut bahkan menemukan khasanah baru dalam keseharian kita.

Sebaliknya, dikala beban hidup kita setiap hari semakin ringan, semua yang kita harapkan  ternyata berjalan sesuai rencana, tiba tiba saja kita menemukan diri kita sangat sunyi dan soliter. Godaan  godaan buruk menemukan momen yang tepat untuk  menghampiri kita. Maka pada saat itu adalah saat yang tepat untuk kita berbagi pula. Hibahkan kelebihan yang ada pada kita untuk sesama teman yang justru membutuhkan.  Ini bukanlah sesuatu yang normatif. Berbagi diantara teman SMA, adalah suatu hal yang unik, baru dan fresh. Bahkan melintasi banyak aspek. Teman SMA, tidak dibatasi sekat SARA, usia, ekonomi, politik, budaya dll. Suatu idealisme  yang bisa menjadi model yang baik untuk diwariskan kepada penerus kita. Sesuatu yang patut kita perjuangkan.

Dalam hal apa kita berbagi ? coba kita mulai dengan langkah langkah kecil dibawah ini,

 

 

 

 

 

Berbagi CERITA. Anda memiliki cerita cerita special dimasa SMA yang mungkin sudah melampoi masa kadaluwarsa kerahasiaannya, mungkin bisa membuat beberapa teman kita tersenyum.

Atau cerita paska masa masa sulit membangun hidup anda, keluarga, usaha atau yang mungkin melibatkan bantuan teman kita yang patut kita hargai,  layaklah kalau pengalaman tersebut dibagikan kepada kita. 

Berbagi IDEA. Gunakan sarana website kita untuk berbagi cetusan gagasan anda yang kreatif untuk mengatasi masalah masalah aktual yang dihadapi teman teman kita. Hal hal  baru tentunya akan datang bergelombang seiring perjalanan usia kita. Kita perlu mendiskusikan gagasan baru pula  untuk mengantisipasinya.

 

 

 

 

 

 

 

Berbagi SUKA dan DUKA. Tak usahlah kita risau, berapakah tambahan undangan perjamuan pernikahan anak kita karena bergabung di FORKOM- ST LOUIS 81. Teman teman ber kehendak untuk meringankan beban anda dengan menggalang doa dan restu yang tulus. Jangan segan sebarkan berita suka anda.

Tetapi sebaliknya, FORKOM ST LOUIS-81 berniat dari awal lahirnya, untuk membantu disaat saat paling berduka bagi anggotanya. FORKOM ST LOUIS – 81 harus menjadi yang terdepan untuk berikrar meringankan sejawatnya di saat orang lain pergi menjauhi. Beberapa bukti dari kalangan alumni kita, ketika berpulang, teman teman SMA yang telah berpisah lebih dari 20 tahun, ternyata dapat berbuat sesuatu. Bahkan “tetangga” yang didengungkan selama ini lebih penting dari saudara dikala duka, terbukti belum mampu mengalahkan kekuatan persaudaraan teman SMA.    

 

 

 

 

 

 

 

Berbagi BERITA. Tampilkan pada website kita, berita berita tentang teman teman pada unit unit kegiatan. Berita tentang interaksi antar unit unit kegiatan sehingga jalinan antar teman yang sebelumnya pudar, akan menjelma menjadi keakraban yang tidak terbayangkan semula.

Semua gagasan ini bukan merupakan impian yang akan sirna di pagi hari, melainkan  di dasarkan atas pengalaman khususnya yang telah bekerja sebagai panitia Reuni akbar kita.